Tips Mencegah Masalah pada Gusi

Gigi dan Gusi

Ketika kita berbicara tentang masalah kesehatan gigi dan mulut sering kali kita lupa timbulnya sakit gigi, karang gigi, maupun penyakit gigi lainnya tak lepas dari masalah seputar gusi. Gusi juga memegang peranan yang sangat penting dalam hal kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Gejala yang biasanya dialami pasien berupa pembengkakan dan pendarahan yang bisa saja disebabkan infeksi gigi atau yang lebih parah lagi.

Ada beberapa tips untuk mencegah masalah pada gusi Anda:

Hindari makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin.
Makanan jenis ini dapat merusak kesehatan gusi dan gigi anda. Jika saat ini sedang mengalami gangguan pada mulut dan gusi atau sedang sakit gigi, maka makanan hangat adalah solusi yang tepat.
Perbanyak Relaksasi.

Pengaruh sikologis ternyata sangat berperan penting, bahkan seimbang dengan kesehatan fisik. Jika anda stress, penyakit apapun akan timbul dan muncul dengan cepat termasuk penyakit pada gigi dan gusi. Peningkatan hormon stress yaitu kortisol akan mengacaukan sistem normal tubuh anda dan memancing beberapa penyakit berbahaya termasuk penyakit mulut, gigi, dan masalah gusi.
Cukup Minum air.

Minum air setelah makan akan sangat membantu membersihkan sisa sisa makanan pada gigi dan gusi. Hal ini secara langsung akan mengurangi jumlah bakteri yang tinggal disana.Dan secara tak langsung akan mengurangi kemungkinan terkena penyakit pada gusi dan gigi kamu.
Berhenti Merokok.

Berhentilah merokok saat ini juga karena merokok tidak baik untuk kesehatan gigi dan gusi anda. Apa boleh buat, segala macam metode dan obat guna menyeimbangkan kondisi gusi dan gigi bagi perokok tetap tidak membuahkan hasil yang signifikan akan bahaya merokok. Untuk itu segeralah belajar untuk berhenti merokok. sebagai panduannya kamu bisa melihat panduan stop merokok disini.
Makanlah makanan yang bergizi.

Makanan yang begizi tentu udah biasa, namun jika kamu terbentur dengan masalah ketakutan pada beberapa jenis makanan. Cobalah konsumsi vitamin C dan suplemen kalsium. Zzat ini penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi kamu.
Bersihkan gigi dengan benang halus.

Membersihkan sisa sisa makanan di sela sela gigi dan gusi dengan air minum perlu juga dengan benang halus, hal ini penting guna memproteksi gigi dan gusi sekaligus dapat mencegah sedini mungkin gangguan pada gusi dan gigi.

Sikatlah gigi anda sekurang kurangnya dua kali sehari.
Menyikat gigi dengan cara yang benar penting untuk menjaga dan memperbaiki kualitas kebersihan gigi dan gusi. Jika  tidak tahu atau kurang memahami cara menyikat gigi yang benar, segera berkonsultasi dengan dokter gigi anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar