Sariawan Merupakan Kelainan Ulser di Dalam Rongga Mulut

Kelainan Ulser di Dalam Rongga Mulut

Mungkin saja Anda pernah mengalami sariawan, mungkin itu parah atau tidaknya. Sariawan merupakan suatu lesi atau kelainan yang berbentuk ulser (borok) yang terdapat di dalam rongga mulut. Kelainan ulser ini ada berbagai jenis, namun yang paling sering dialami orang adalah jenis aphtous stomatitis atau canker sores. Lesi sariawan biasanya terdapat pada mukosa bibir, pipi, lidah, langit-langit lunak, dan dasar gusi. Penyebab dari sariawan masih belum jelas, namun banyak teori yang menyebutkan bahwa sariawan berhubungan dengan masalah kekebalan tubuh. Beberapa jenis penyakit, kurang asupan nutrisi (khususnya zat besi dan vitamin B12), alergi, trauma (misalnya tergigit), stres, dan perubahan hormonal (siklus menstruasi) juga dapat memicu timbulnya sariawan. 


Sariawan dapat muncul dalam bentuk lesi yang berukuran yang kecil, besar, ataupun dalam jumlah yang banyak. Lesi sariawan juga dapat muncul berulang kali atau istilahnya disebut rekuren. Daerah yang meradang biasanya terasa perih seperti tertusuk ataupun terbakar. Setelah 2 atau 3 hari kemudian terbentuklah lesi ulser pada daerah yang meradang tersebut. Rasa sakit akibat sariawan yang berukuran kecil biasanya akan hilang antara 7 sampai 10 hari, dan lesi ini akan sembuh secara sempurna dalam waktu 1 sampai 2 minggu. Apabila ukuran lesi sariawan cukup besar biasanya lesi membutuhkan waktu mulai dari beberapa minggu sampai beberapa bulan untuk sembuh.

Perawatan sariawan lebih terfokus kepada pengurangan gejala rasa sakitnya. Berkumur dengan air hangat dan makan makanan yang lunak dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat sariawan. Beberapa obat yang dioleskan pada lesi juga bisa melindungi lesi dari iritasi, di antaranya obat-obatan orabase. Berkumur dengan obat kumur yang bersifat antimikroba juga dapat dilakukan untuk menghindarkan lesi dari infeksi, sehingga proses penyembuhannya pun akan lebih cepat. Untuk mempercepat masa penyembuhan sariawan Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin C yang berperan dalam perbaikan jaringan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Niken mengatakan...

Dear Dokter,

Saya Niken, umur saya 25 tahun. Setiap bln saya mengalami sariawasn, tak jarang sariawan saya bisa dapat sangat mengganggu keadaan fisik saya (bengkak). Belum lama ini saya mengalami sariawan yg sangat banyak di pipi 4 dan di lidah satu, saya obati pakai albothyl malah tambah besar dan saya juga menggunakan Ho fung san juga tdk mempan, saya akhirnya minum Kandistin jg tidak mempan, dengan semua pengobatan yg saya lakukan tdk terjadi efek samping yg signifikan dan malah timbul bintik2 putih kecil seperti tanda akan timbulnya sariawan baru di bibir atas dan bawah saya dan perih. Saya bingung apa yg hrs saya lakukan terhadap kondisi kesehatan mulut saya ini? karena terus terang sangat mengganggu sekali. Terima kasih

Vhy Edward Raonur mengatakan...

Dear Niken

Berbagai jenis sariawan umumnya sering dihubungkan dengan faktor-faktor lokal seperti kebersihan mulut rendah, kekeringan selaput lendir rongga mulut, malposisi gigi dan trauma seperti pada pemasangan gigi tiruan yang terlalu menekan selaput lendir rongga mulut. Penanganan sariawan yang diakibatkan oleh contoh-contoh seperti di atas tentu berbeda dengan sariawan yang disebabkan oleh kelainan sistemik.

Seringkali sariawan merupakan tanda awal penyakit, alergi atau defisiensi vitamin dan mineral. Sehingga perawatannya pun menyesuaikan dengan penyebab sebenarnya. Misalnya kekurangan vitamin C, maka dibutuhkan tambahan asupan vitamin C. Demikian juga dengan adanya penyebab yang lain.

Sariawan akan pulih dalam waktu bervariasi. Pada kebanyakan kasus, sariawan akan pulih dalam waktu 7-10 hari. sedangkan pada kasus dengan faktor penyebab sistemik yang kompleks mungkin akan berlangsung hingga berminggu-minggu untuk pulih.

Perawatan yang dapat dilakukan diantaranya adalah, menjaga kebersihan rongga mulut, meminimalkan gesekan pada luka dan menggunakan obat untuk melapisi luka/sariawan agar lebih cepat pulih. apabila dirasa tidak kunjung sembuh dan mencurigakan, dianjurkan untuk berkunjung ke dokter gigi untuk saran lebih lanjut.

Trim's

Posting Komentar